Algoritma terbaru Google Penguin beraksi, Waspadalah!

Google kembali meluncurkan algoritma tambahan untuk melengkapi algoritma sebelumnya. Setelah Panda, sekarang menyusul algoritma penguin. Apa fungsi dari algoritma terbaru 2012 bernama penguin ini? Lalu apakah blog anda terkena pengaruhnya? Jika ya bagaimana mengatasinya? Mudah-mudahan pembahasan berikut bisa sedikit memberi pemahaman tentang si penguin ini.

Google telah mengumumkan bahwa mereka merilis sebuah prosedur pemecahan pencarian terbaru. Algoritma ini diharapkan bekerja lebih baik buat mengendus orang-orang yang melakukan spam untuk terindeks memakai lebih baik. Google memprediksikan bahwa update penguin ini akan berimbas dalam 3% output pencarian.

Dalam rilisnya dalam Google Webmaster Central dikatakan:

Dalam beberapa hari ke depan, kami akan meluncurkan sebuah perubahan mekanisme pemecahan yg menargetkan webspam. Perubahan ini akan menurunkan peringkat dari website yg kami percayai melanggar quality guidelines menurut Google. Algoritma ini merupakan salah satu langkah maju menurut upaya kami mengurangi webspam & mempromosikan artikel-artikel berkualitas tinggi.

Melawan Spam pada Internet

Anda belum tahu apa itu Spam hasil pencarian? Menurut Google inilah yang dikategorikan sebagai halaman-halaman yang melakukan webspam.

  • Penumpukan Keyword
  • Segala upaya perihal link yang tidak alami
  • Halaman-halaman yang mengarahkan pengunjung ke halaman lain
  • Halaman-halaman dengan konten duplikat

Google akan menurunkan peringkat dari halaman-halaman yang melakukan ini. Lebih detail tentang Web Spam silahkan dibaca pada artikel Apa itu Web Spam menurut Google?

Bukankah Google telah lama melawan Spam? Kenapa terdapat lagi Algoritma Penguin?

Teknik spam sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan sebelum Google muncul. Jadi kenapa baru saat ini Google meluncurkan metode ini? Sebenarnya tidak juga. Sudah sejak lama Google memperingatkan untuk tidak melakukan teknik seperti ini. Hanya saja baru-baru ini Google menemukan cara yang lebih baik untuk mendeteksi pelanggaran-pelanggaran ini.

Lalu bagaimana filter Google bekerja mendeteksi page-laman yang dicurigai menjadi webspam? Tentu saja pihak Google diam seribu bahasa alias nir akan menunjukkan rahasianya. Google hanya menekankan agar kita melakukan SEO

Menargetkan halaman Spam dan bukan SEO.

Rupanya Google mempunyai pandangan lain tentang SEO. Bagi Google tidak ada yang namanya black hat SEO. Google membedakan dua jenis upaya mendorong kualitas website menjadi “White hat SEO” dan “black hat Webspam”. Sejak awal Google tidak memandang hal-hal seperti tukaran link, penumpukan kata kunci, halaman yang redirect, sebagai SEO.

Bagi Google, segala upaya untuk menguasai halaman pencarian yang berada di luar quality guidelines mereka adalah tindakan webspam. Jadi bagi anda yang tidak melakukan hal-hal di atas tidak perlu merasa kuatir. Algoritma Google bisa membedakan halaman-halaman anda dari halaman-halaman webspam.

Lalu bagaimana jika Google ternyata berbuat kesalahan? Apa yang bisa anda lakukan? Silahkan baca artikel cara keluar dari hukuman Google Penguin .

Jadi kurang lebih bisa dikatakan bahwa penguin dilepas untuk menyerang halaman-halaman Spam. Apakah blog anda tergolong ke dalamnya? Waspadalah …. Waspadalah!!! Google mungkin akan segera menurunkan peringkat dari halaman-halaman anda.

Sedikit mengutip dari Bos SEO Google…

“Anda bisa menjadi orang populer, tanpa harus menjadi orang brengsek”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *