BAGAIMANA CARA MELAKUKAN REDIRECT 301 PENGALIHAN URL

Bagaimana Cara Melakukan Redirect 301 atau Pengalihan URL? Di dalam blogspot menu ini sudah tersedia. Tapi sebelum melakukan redirect, maka ada baiknya dipahami terlebih dahulu mengapa sebuah URL perlu dialihkan.

suatu halaman perlu URL redirect 301 agar pengunjung sampai pada halaman yang diinginkan

Anda perlu melakukan redirect 301 apabila suatu laman pada blog anda ingin digantikan memakai laman lain. Tapi halaman yg ingin diganti ini memiliki banyak pengunjung. Untuk mencegah pengunjung kita menemui laman yang tidak diinginkan atau page yang telah terhapus, maka usahakan kita melakukan redirect.

Jika aku tidak keliru mengingat, redirect 301 ini bahkan memindahkan reputasi berdasarkan laman sebelumnya ke page baru, misalnya backlink,

Alasan lain saya membahas masalah redirect ini karena ini adalah salah satu teknik yang mungkin akan diperlukan saat memulihkan blog yang habis terkena serangan hacker. Jadi sebagai pelengkap artikel tersebut saya membahasnya terlebih dahulu.

Untuk melakukan redirect 301 ini cukup lakukan langkah sederhana berikut ini:

  • Login ke akun blogger saudara
  • Masuk ke Menu SETELAN
  • Pilih PREFERENSI PENELUSURAN
  • Pilih bagian KESALAHAN DAN PENGALIHAN
  • Klik EDIT pada PENGALIHAN KHUSUS
  • Akan muncul dua kolom, pada kolom DARI masukkan URL artikel yang dialihkan, sedangkan pada kolom KEPADA masukkan URL tujuan pengalihan.
  • Perhatikan, misalnya URL tersebut adalah  http://trikmudahseo.blogspot.com/2013/03/bagaimana-cara-melakukan-redirect-301.html maka http://trikmudahseo.blogspot.com/ tidak perlu dimasukkan. Cukup masukkan /2013/03/bagaimana-cara-melakukan-redirect-301.html
  • Beri tanda centang pada opsi PERMANEN
  • Setelah itu klik simpan. Dengan demikian URL anda sudah teralihkan ke URL baru. (lihat contoh di bawah)

tampilan jendela preferensi penelusuran redirect 301

Sekarang silahkan coba buka URL lama. Jika pengalihan anda benar dan berhasil, maka URL baru yang akan terbuka. Perlu diperhatikan bahwa hanya URL dari blog yang sama saja yang akan diterima oleh redirect 301 ini, sedangkan pengalihan yang berbeda blog tidak akan dapat dilakukan.

Misalnya, anda mau membatalkan pengalihan ini, maka lihat kolom centang disamping URL di atas. Anda tinggal mencentang checkbox tersebut dan klik HAPUS, maka pengalihat tersebut akan dibatalkan. URL lama akan kembali terbuka dan tidak diarahkan ke URL yang baru. Jadi sekian dulu artikel cara melakukan redirect 301 ini…. ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *