Cara Melakukan Optimasi Video Di Youtube

cara melakukan optimasi video di youtube

Video waktu ini telah menjadi bagian berdasarkan taktik pemasaran. Walaupun liputan penggunaan video untuk pemasaran telah sangat luas waktu ini, tetapi ternyata masih sedikit saja orang yg mengenal apa itu optimasi video & bagaimana cara melakukan meningkatkan secara optimal video dalam youtube.

Anda sanggup melakukan meningkatkan secara optimal buat membangun video anda sebagai lebih mudah buat ditemukan & dibagikan. Ini akan membentuk anda mendapat laba komersil berdasarkan mereka yang menyaksikan video-video yang anda upload.

Apa laba menurut ranking pada Youtube?

Youtube ketika ini telah menjadi bagian berdasarkan marketing online yg sebenarnya sangat ampuh, karena orang lebih mudah tergerak menyaksikan gambar berkecimpung daripada gambar diam saja. Ini yang membuat youtube ketika ini menjadi mesin pencari terbesar ke 2 sehabis Google (tentunya mencari dalam database Youtube sendiri)

Ada milliaran penayangan setiap hari dan ini sesuatu yg luar biasa. Video Youtube bukan hanya buat menayangkan warta yg ingin anda sampaikan saja, akan namun juga sanggup berisi ajakan atau penawaran dari anda.

Banyak orang yg gagal menjangkau orang menggunakan menggunakan page-page websitenya beralih ke Youtube, lantaran mengoptimasi Youtube lebih gampang menurut mengoptimasi page website. Alasannya? Sederhana saja, lantaran laman Youtube berada dalam dalam nama domain yg telah sangat berotoritas dan mempunyai tim pengawas konten sendiri, sehingga mendapat poin ekstra.

Jauh lebih mudah buat menciptakan halaman Youtube anda ranking 1 pada SERP google dibandingkan membuat ranking 1 halaman website anda. Setidaknya untuk ketika ini. Kalau nanti semakin poly yg beralih ke Youtube, maka angka persaingannya pergi akan semakin tinggi.

Jadi kenapa anda nir membuat video Youtube anda & mengoptimasinya? Anda bisa merekomendasikan website anda di video yg anda pasangkan pada Youtube kan?

Faktor-faktor yg menghipnotis ranking dalam Youtube

apabila anda mau melakukan optimasi pada Youtube, maka tentunya anda perlu mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi ranking dari video anda jika orang melakukan pencarian video pada Youtube.

Faktor-faktor tadi antara lain adalah:

  • WATCH TIME -Ini adalah parameter yang sangat penting untuk mendongkrak ranking video anda di Youtube. Google bahkan memberikan beberapa masukan untuk melakukan optimasi pada watch time ini.
    • Cara untuk melakukan optimasi pada watch time ini adalah dengan melakukan Youtube Analytics untuk melihat mana di antara video-video anda yang mempunyai jumlah penayangan terbesar. Anda juga bisa melihat mana video yang mempunyai interaksi dengan pemirsa yang paling baik, yaitu komentar dan suka.
    • Anda bisa menarik penonton dengan menggunakan Judul dan Gambar yang relevan tapi “provokatif”. Youtube tidak mengizinkan gambar dan judul yang tidak relevan.
    • Buat orang tetap menonton video-video anda dengan menyarankan video lain di video anda, atau dengan memasang link-link video youtube anda yang lainnya di description. Hindari memasang link menuju domain lain di Youtube.
    • Gunakan teknik editing untuk membuat sesi pembukaan/opening yang bisa menjadi branding dan pengemasan video-video anda sehingga terlihat lebih menarik
    • Ajak orang untuk subscribe atau komentar dan like di dalam video anda, sehingga Google akan merekomendasikan video-video anda setiap kali orang-orang ini mengunjungi beranda Youtube, atau menyaksikan video lain yang relevan dengan video anda
    • Anda juga bisa membuat waktu rilis video yang teratur untuk membantu mereka yang menyukai video anda untuk menunggu video-video terbaru.
  • Faktor-faktor lainnya adalah relevansi kata kunci, dengan judul dan  deskripsi
  • Ada juga faktor-faktor yang sudah disebutkan dalam optimasi watch time di atas, seperti berapa banyak jumlah subscriber anda
  • Bagaimana interaksi penonton dengan video anda seperti komentar dan like/dislike
  • Juga termasuk panjang video (durasi)

Youtube mengatakan bahwa ada 2 jenis video yang bisa mendapatkan banyak view atau penayangan, yaitu video yang menyentuh emosi penonton, dan video yang berisi materi pengajaran atau tutorial.

Ingat, bahwa Google dan Youtube belum bisa mengerti atau mengenali apa isi dari sebuah video. Jadi anda harus membantu Youtube dan Google dengan hal-hal di bawah ini:

  • Judul yang tidak terlalu panjang, tapi deskriptif (Singkat, Padat, dan Jelas)
  • Gunakan tag dengan benar
  • Selalu ingat; bahwa Google lebih peduli dengan seberapa lama orang menonton video anda daripada berapa banyak orang yang menonton video anda. Walaupun hanya sedikit yang menonton video anda di awal, tapi jika orang selalu menonton sampai habis, maka Youtube akan semakin mempromosikan video anda untuk pencarian yang relevan
  • Buat deskripsi yang panjang. Banyak orang yang membuat deskripsi hanya beberapa baris. Kenapa tidak membuat deskripsi yang panjang seperti tulisan blog selama itu memang relevan? Pastikan juga ada cukup banyak kata kunci yang relevan di dalam deskripsi ini (benar-benar seperti artikel blog). Ini adalah sesuatu yang disarankan olen banyak Youtubers.
  • Anda bisa memasukkan caption penutup atau juga transkrip dari isi video anda
  • Anda juga bisa mengembangkan channel anda dengan membuat video singkat tentang nilai lebih yang anda tawarkan pada channel Youtube anda.

Lakukan Call To Action

Saat orang-orang menyaksikan video anda, mereka akan sangat memperhatikan isi dari video anda. Anda bisa mengajak pemirsa untuk melakukan apa yang ingin anda sampaikan dengan memasang catatan di dalam video anda. Catatan atau Annotation ini bisa anda masukkan dari editor video. Catatan ini bisa berupa gelembung perkataan atau speech bubble. bisa juga berupa kotak pesan, bisa juga berupa title yang besar, pause, spotlight dan label.

Promosikan Video Anda

Setelah anda selesai membenahi video anda, maka langkah terakhir dalam melakukan optimasi video anda adalah dengan mempromosikannya. Anda bisa memasang video anda pada blog jika anda sudah mempunyai blog yang cukup ada trafiknya. Anda juga bisa mempromosikan video anda dari akun sosial media anda, dan berharap video tersebut bisa menjadi viral.

Atau anda juga bisa menambahkan backlink agar lebih mudah menjadi ranking 1 di SERP Google.

Ok, itu beberapa catatan tentang cara melakukan optimasi video Youtube anda. Untuk mempermudah kerja anda, sebaiknya sebelum membuat video, anda membuat dulu konsepnya. Apa yang akan anda katakan; dan kapan anda akan melakukan penekanan-penekanan di dalam video anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *