Cara Menilai Kompetisi Dari Kata Kunci Yang Anda Incar

Salah satu kendala dari pemula pada memulai aktifitasnya dalam dunia blogging merupakan ketidaktahuannya dalam persaingan di global maya. Jadi jika anda merupakan pemula pada dunia blogging ini; saya mau membuatkan pengetahuan dasar masalah persaingan ini.

menilai kompetisi kata kunci

Yang perlu anda ingat adalah anda tidak sendirian pada global maya; masih ada jutaan orang yang ingin mencari rejeki pada global maya; & menurut jutaan orang ini ada beberapa yang mengincar sasaran yang sama menggunakan yg anda incar. Jadi anda wajib mengalahkan mereka-mereka ini buat menerima pasar yang seluas-luasnya.

Saya mau memberitahukan ke anda bahwa pasar itu bukan hanya terdapat pada mesin pencari contohnya Google. Anda jua bisa menemukan pasar pada social media atau berbagai wahana beriklan lainnya. Namun yg membuat SEO menjadi idola; karena ini merupakan sarana buat menerima pengunjung yg gratis dan relatif kontinu bila anda juga mampu menjaga konsistensi anda merawat website anda.

Mesin pencari misalnya Google masih menjadi penyumbang trafik yang besar untuk website-website;

Jadi impian anda pastinya menjadi nomor 1; dan menjadi nomor 1 itu mudah seandainya hanya anda saja yang menawarkan itu. Tinggal buat halaman website dan pasang 1 backlink; maka anda akan menjadi juara 1…. Sayangnya nyaris dalam semua kasus; kita tidak sendirian…. ada berjuta-juta halaman web yang menawarkan halaman yang sama.

Kalau anda pernah mendengar “ajaran” dari jasa SEO bahwa kerasnya persaingan itu dinilai dari banyaknya halaman hasil pencarian; maka itu adalah salah besar. Biarpun hasil pencariannya ada milyaran; tapi kalau semuanya lemah dalam optimasi; maka tetap saja kita bisa jadi juara dengan mudahnya….

Intinya adalah; misi anda cuma 1; yaitu mengalahkan juara 1 itu sendiri. Anda tidak perlu memusingkan yang lainnya; karena pada saat anda sudah mengalahkan sang ranking 1 di Google; anda sudah mengalahkan semuanya…benarkan?

Jadi untuk menilai seberapa hebat persaingan atau kompetisi dari suatu kata kunci anda cukup menilai kehebatan SEO dari sang juara 1.

Berikut ini adalah daftar yang perlu anda cek dari sang juara 1. Dalam daftar ini saya berikan yang penting-pentingnya saja….

  • Titlenya berkisar 5-7 kata dan memuat kata kunci dalam urutan yang sama persis
  • Meta description juga mengandung kata kunci walaupun tidak dalam urutan yang sama persis
  • Heading judul h1 juga memuat kata kunci dalam urutan yang sama persis
  • Artikelnya cukup mendetil dan termasuk panjang
  • Jumlah link di halamannya termasuk sedikit (di bawah 100 link)
  • Websitenya memang mengkhususkan diri membahas hal tersebut saja
  • Tidak ada link keluar menuju website lain
  • Artikelnya memakai media beragam seperti gambar dan video
  • Cukup banyak halaman dari web tersebut yang memasang link menuju artikel tersebut; atau bahkan artikel tersebut dipasang linknya di menu di bawah header atau sidebar
  • Jumlah backlinknya cukup banyak dan page authority-nya tinggi
  • Cek juga di ahrefs untuk melihat seberapa alami profil dari backlinknya. Jika sangat alami; maka itu buruk untuk anda

Jika pesaing anda memenuhi semua hal di atas maka saya bisa menjamin anda akan sangat sulit menyingkirkan pesaing anda tersebut; karena inti dari SEO adalah membuat halaman web yang lebih baik dan lebih relevan dari orang lain.

Tulisan ini bukan untuk menyurutkan semangan anda ya. Tulisan ini ditujukan untuk memastikan anda benar-benar mengenali siapa yang menjadi pesaing anda dan seberapa keras kompetisi yang melekat pada kata kunci yang anda incar.

Satu hal yang perlu anda pertimbangkan jika anda menemukan kompetisi dari kata kunci itu sangat keras adalah seberapa besar nilai komersil dari kata kunci yang anda incar; apakah itu memang patut anda usahakan…. Jika ya maka sebaiknya anda serius melakukan optimasi selama 3 bulan pertama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *