Cara Optimasi SEO untuk Algoritma Mobile First Index

optimasi website untuk SEO mobile first index

Google telah mulai mengujicoba sistem prosedur pemecahan mobile first index. Itu berarti Google akan melihat terlebih dahulu versi mobile menurut website anda buat memilih nilai-nilai berdasarkan frekuwensi ranking mereka. Algoritma ini baru akan menilai versi desktop apabila website anda nir mempunyai versi mobile.

Ini merupakan sinyal bertenaga bahwa website yg tidak mobile friendly akan semakin tertinggal dalam saat dekat ini, lantaran sudah lebih dari 60% pengguna Google yg dari dari alat-alat mobile.

Jadi ini adalah waktunya bagi yang belum memikirkan versi mobile menurut websitenya buat melakukan perubahan. Bagi anda yg hanya belajar SEO secara generik, kini anda telah harus mendalami prakteknya untuk perangkat mobile.

Berikut ini merupakan 5 hal yang wajib anda perhatikan buat mengoptimasi website anda buat sistem mekanisme pemecahan mobile first index.

1. Kecepatan

Google mengungkapkan bahwa dua dtk adalah batas toleransi bagi sebuah halaman toko online buat terbuka. Tentunya ini berdasarkan pada kecepatan koneksi googlebot dan bukan kecepatan koneksi internet anda. Sebenarnya Google menargetkan kecepatan bukaan website itu pada bawah setengah dtk buat googlebot.

Memastikan website anda bisa terbuka menggunakan cepat adalah hal krusial untuk ranking dalam pencarian mobile. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan optimasi kecepatan halaman anda.

  • Optimasi gambar; gambar yang besar bisa memperlambat waktu muat website kita
  • Menyederhanakan kode; ini adalah proses membuang semua karakter yang tidak diperlukan di dalam kode anda tanpa mengubah fungsinya.
  • Meningkatkan cache browser; cache browser menyimpan file sumberdaya dari website di komputer pengunjung, sehingga browser tidak harus memuat berulangkali sumberdaya setiap mengunjungi website kita.
  • Kurangi pengalihan atau redirect; ini bisa memperlambat bukaan karena halaman web harus memuat ulang.

Dua. Jangan Memblokir CSS, Javascript, atau gambar

Dahulu kala ­čśÇ banyak yang memblokir elemen-elemen ini buat membuat websitenya lebih mobile friendly. Tapi waktu ini hal itu telah tidak diperlukan lagi.

Smartphone pada poly perkara sudah lebih bertenaga berdasarkan personal personal komputer desktop yang dipakai oleh pengguna google. Mereka bisa membuka apa saja yg terdapat dalam sebuah page website. Googlebot mobile jua sudah mampu mengolah

3. Desain Yang Mobile Friendly

Ini sudah menjadi sebuah keharusan. Karena desain ini akan sangat membantu kenyamanan pengunjung halaman website kita. Tapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan….

  • Jangan menggunakan FLASH; anda bisa menggunakan HTML 5 atau Java untuk menambahkan fitur-fitur yang keren ke website anda.
  • Singkirkan pop-up. Banyak orang menggunakan pop-up dalam upayanya mendapatkan daftar kontak atau email list. Ini memang penting; tapi kalau website anda tertutupi pop up atau bahkan pop up yang banyak sekali ini bisa mengganggu pengunjung, menaikkan bounce rate dan menurunkan ranking.
  • Desain website anda untuk kenyamanan penggunaan jari. Jangan sampai elemen-elemen anda terlalu kecil sehingga sering mangakibatkan salah klik.

4. Optimasi SEO Onpage

Karena ruang yang ditampilkan di mobile itu lebih terbatas dari desktop, maka anda perlu memastikan bahwa semua judul dan deskripsi halaman website anda bisa terlihat tanpa harus melakukan scroll. Ini akan membantu pengunjung website anda merasa nyaman dengan website anda.

5. Optimasi SEO Lokal

Di bulan September lalu Google sudah meluncurkan algoritma Possum untuk SEO lokal. Ini adalah sebuah update besar untuk algoritma pencarian lokal. Pencarian mobile sangat penting untuk para pelaku bisnis lokal. Hasil riset Google untuk prilaku pencarian lokal menunjukkan bahwa para pencari lokal biasanya adalah orang-orang yang sudah siap untuk membeli atau setidaknya tawar menawar.

Dalam laporan ini ditunjukkan bahwa 50 persen dari pengguna pencarian mobile membuka setidaknya satu toko online setiap harinya. Jadi para pelaku bisnis online termasuk golongan yang harus serius memperhatikan masalah algoritma mobile first index ini.

Inilah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan SEO lokal anda di era algoritma possum ini.

  • Nama Kota atau Propinsi harus ada di title tag
  • Nama Kota atau Propinsi harus ada di H1 Heading
  • Nama Kota atau Propinsi harus ada di URL
  • Nama Kota atau Propinsi harus ada di konten
  • Nama Kota atau Propinsi harus ada di meta deskripsi
  • Nama Kota atau Propinsi harus ada di alt tag

Walaupun ini hanya ujicoba mobile first, sangat direkomendasikan anda melakukan perbaikan-perbaikan tanpa menunggunya resmi diluncurkan; karena Google sudah sangat positif akan meneruskan ini, dan sebaiknya anda sudah siap saat algoritma ini menjadi permanen. Jika tidak website anda bisa jatuh di pencarian mobile beberapa bulan dari sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *