Kontes SEO, Nasib Newbie Vs Master!

Kontes SEO, Nasib Newbie Vs Master!

Kontes SEO, Nasib Newbie Vs Master! Belakangan ini kita sedang dibombardir oleh fenomena kontes SEO. Kontes ini diadakan oleh website-website yang ingin mengejar popularitas dunia maya dari aktifitas review para blogger pesertanya. Adapun peserta kontes SEO itu sudah jelas sangat beragam. Mulai dari master SEO, sampai pemula mencoba peruntungannya.

Lalu bagaimanakah performa pemula pada kontes SEO? Saya akan mereviewnya sedikit….

Secara garis besar dari yg aku amati selama ini, para pemula hanya menjadi penggembira dalam dalam kontes SEO. Tentu saja semakin poly penggembira, maka semakin bahagia juga penyelenggara kontes SEO. Tapi review saya kali ini bukanlah buat menyenangkan para penyelenggara kontes SEO. Saya lebih bahagia berpihak pada para blogger….Termasuk yg pemula.

Sebenarnya sangat kesal juga melihat poly blogger pemula yg menghabiskan waktunya dalam dalam kontes SEO. Bisa anda bayangkan menghabiskan waktu sampai tiga bulan buat suatu hal yang masih pada luar kemampuan anda. Ada baiknya blogger pemula ini mengembangkan kemampuan SEO-nya secara sedikit demi sedikit dulu sebelum mengikuti kontes SEO.

Jangan sampai anda seperti petinju yg baru merasakan sasana kemarin sore, telah mau menantang Manny Pacquiao, atau bahkan Klitschko. Masih rupawan jika anda cuma kalah, bila sampai babak belur & sekarat dalam ICU apa untungnya buat anda?

Mungkin anda mengungkapkan

Begini, coba bayangkan jika anda mengikuti dua kontes SEO saja. Itu berarti anda sudah membuang waktu anda yang berharga untuk mengoptimisasi 2 halaman saja dalam 6 bulan. Itupun kalah telak dan halaman itu menjadi sampah dunia maya. Bagaimana seandainya anda menghabiskan waktu 6 bulan itu jadi blogger biasa saja?

Anda bisa membuat satu blog yang berisikan ratusan artikel dengan banyak backlink untuk persaingan kata kunci yang tidak sekejam kontes SEO. Tentu dengan cara begini anda tidak akan memenangkan hadiah apapun, tapi kalau anda meneruskan ini dengan disiplin selama 6 bulan lagi…. traffic blog anda bisa menembus angka ribuan, dan blog anda akan mendapatkan penawaran untuk pemasangan iklan….

Kalau sudah begitu, blog anda mulai menghasilkan ratusan ribu perbulan, dan bisa menjadi jutaan rupiah jika artikel dan backlinknya terus bertambah. Diharapkan setelah dua tahun, blog anda sudah menghasilkan uang, dan sudah siap untuk diadu di kontes SEO.

Jadi kalau anda merasa benar-benar seorang pemula, mungkin saat ini kendalikan diri anda dan tidak gelap mata membaca besarnya hadiah kontes SEO. Anggap saja blog anda ini sebagai banteng aduan. Jangan dibawa ke lapangan adu saat masih berusia 3 bulan. Tunggu saat umurnya sudah dua tahun. Saat itu “otot-ototnya” benar-benar siap membantu anda untuk mengejar hadiah.

Pernah saya berkata seperti ini ke seorang blogger, dan jawabannya…. “Lantas bagaimana setelah dua tahun blog saya masih sepi dan tidak menghasilkan….?!” Mudah saja…. Kalau anda diberi waktu dua tahun dan tidak bisa membuat blog anda ramai, lantas apa yang membuat anda berpikir bisa memenangkan kontes SEO?

Kebanyakan blogger pemula menghabiskan waktunya untuk onpage. Segala cara dipakai untuk menjadi SEO friendly, bahkan kepadatan kata kunci dihitung dan artikel diedit terus. Padahal pengeditan yang terlalu sering justru merusak poin laman anda.

Blogger yang katanya Master tidak perlu melakukan hal seperti ini…. templatenya sudah “paten” sejak semula. Selain itu tidak perlu mengedit kepadatan kata kunci. Bahkan menggunakan artikel hasil translate yang masih berantakan sekalipun, blog seorang master masih akan memperlihatkan “taringnya”. Teknik mencari backlink “berkualitas” pun sudah matang. Segala trik yang tidak akan dibaginya siap diluncurkan saat kontes-kontes SEO.

Jadi jika anda benar-benar seorang pemula, saran saya:

  • Jangan ikut kontes seo dan membuang waktu anda!
  • Disiplin besarkan blog anda terlebih dahulu!
  • Saat Anda dan Blog anda sudah mencapai kelas “menengah” (alexa rank <400.000), coba saja dijual untuk pemasangan iklan atau ikut kontes SEO yang juga kelas “menengah” (hadiah utamanya maksimal Rp.2.000.000)
  • Saat blog anda sudah kuat (alexa rank <200.000), dan anda yakin kemampuan SEO dan stok backlink anda sudah mumpuni. Go Ahead! Silahkan masuk kontes SEO kelas berat. Setidaknya peluang anda kali ini sudah cukup untuk diperjuangkan.

Ini juga sekedar saran, karena saya kasihan melihat para blogger pemula membuang-buang waktu untuk sesuatu yang nyaris 100% peluang gagalnya. Padahal waktunya bisa dipakai untuk membangun sesuatu yang bisa lebih produktif….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *