Tidak Semua Komentar Blog Dofollow Itu Backlink

Tidak semua komentar blog dofollow itu bisa menjadi backlink. Ini perlu teman-teman blogger ketahui supaya tidak membuang-buang waktu berkomentar pada blog-blog tertentu. Biasanya blog-blog yang menggunakan sarana komentar pihak ketiga tidak memberikan kita backlink, walaupun kalau dicek dengan nodofollow terlihat bahwa backlink itu dofollow….

Beberapa komentar blog sama sekali tidak terdeteksi sebagai backlink

Layanan Komentar Pihak Ketiga Yang Tidak Jadi Backlink

Kenapa mampu nir jadi backlink? Karena dalam umumnya data komentar tidak terintegrasi memakai blogger tapi pada sistem akun penyelenggara jasa komentar tadi. Komentar hanya akan terlihat bila script memuatnya ke dalam page. Sayangnya Googlebot tidak mampu membaca komentar tersebut. Mau contoh?

Intense Debate tidak memberi backlink sama sekali

Intense Debate adalah yang cukup banyak dijadikan target oleh para spammer. Karena secara sekilas memang intense debate memang terlihat seperti memberikan backlink. Padahal tidak…. Mari kita lihat tampilan dari sebuah situs pengguna intense debate berikut ini…. Tapi terlebih dahulu aktifkan SEOQUAKE dan NODOFOLLOW, maka inilah yang akan kita lihat….

komentar di intense debate terlihat seperti memberikan backlink

  • Harap perhatikan URL pada address bar memperlihatkan http://mises.org/page/1474/Misesorg-Feeds-and-Syndication
  • Perhatikan juga nilai pagerank halaman adalah 5
  • Dan terakhir lihat pada komentator Holiday Rental, yang oleh NODOFOLLOW diberi highlight biru muda, yang artinya DOFOLLOW

Bagi teman-sahabat yang tidak teliti niscaya akan senang setengah mangkat …..Karena ini terlihat menjadi backlink yg sangat menjanjikan…. Tapi sebelum membuang-buang saat, yuk kita lihat lebih jauh lagi bagaimana cara Google melihat intense debate….

Lihat Komentar pada Blog Pada Cache Google

  • Sekarang ketik cache:http://mises.org/page/1474/Misesorg-Feeds-and-Syndication pada kotak pencarian Google
  • Google akan membuka website ini versi cache-nya, dan di cache ini jelas terlihat bahwa komentar itu masih ada….
  • Tapi apakah anda tahu bahwa Googlebot itu bekerja layaknya teks browser? Oleh karena itu pada bagian kanan bahwa bar teratas, klik TEXT ONLY VERSION atau VERSI HANYA TEKS

Gunakan text only version untuk melihat apakah backlink terlihat oleh Google

  • Ternyata setelah text only version diaktifkan, dan kita aktifkan CTRL+F untuk mencari Holiday Rental…. ternyata link itu tidak ada di versi hanya teks ini….

tidak ditemukan kata jangkar dari link komentar di tampilan hanya teks

Cara lain melihat apakah suatu link menjadi backlink

Kalau teman-teman merasa yang di atas terlalu ribet, maka ada cara yang lebih praktis. Pada halaman yang saudara curigai intip saja kode sumbernya dengan menekan CTRL+U. Setelah kode sumber terbuka gunakan CTRL+F untuk mencari anchor text dari sebuah link di dalam komentar…. Dalam kasus ini saya akan mencari Holiday Rental, dan tetap saja tidak ditemukan

tidak ada anchor text dari link dalam komentar pada kode sumber

Selain itu, komentar ini disimpan pada server pihak ketiga. Jadi nanti saat pemilik blog kembali ke model komentar default dari blog masing-masing, maka komentar ini juga akan hilang. Pengetahuan ini saya bagikan untuk teman-teman blogger pemula supaya terhindar dari perburuan backlink yang sia-sia saja…. Mudah-mudahan membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *